Pages

18.10.09

Alasan dan Kendala PC nyala 24 Jam



Bolehkah PC nyala 24 jam....?

Inilah salah satu pertanyaan yang tidak memiliki jawaban yang pasti. Jawabanya adalah tergantung bagaimana PC di gunakan. Tapi, beberapa faktor patut di perhatikan.

Orang pasti punya alasan kenapa dia tidak memastikan PC-nya.Kalau PC-nya di nyalakan 24 jam non stop, pasti ada alasan penting. Misalnya, PC-nya terhubung kejaringan dan pada malam harinya, sang administrator jaringan hendak mem-back up isi PC atau meng-upgrade peranti lunak, bahkan mengerjakan ke duanya sekaligus. nah, PC yang isinya hendak di-back up atau di upgrade harus di biyarkan menyala.
Alasan lain bisa jadi adalah PC di jadikan server, entah server printer, entah server situs web, maupun server PC yang biasa di gunakan di warnet. Karna PC itu melayani PC lain dalam jaringan, mau tak mau PC harus selalu siap sedia 24 jam.

PC yang di lengkapi perangkat lunak komputasi grid (grid computing)juga biasanya harusnyala 24 jam. misalnya, PC yang dilengkapi dengan SETI@home, suatu peranti lunak yang di gunakan untuk mencari kehidupan lain di angkasa luar. kalau pekerjaan ingin cepat selesai PC yang terhubung ke sistem komputasi grid harus nyala 24 jam.

Di dalam warnet juga ada salah satu PC yang harus non stop 24 jam yaitu pada PC server, server harus selalu dalam ke adaan ON agar kinerja dari server akan menjadi lebih stabil.

sekarang timbul pertanyaan bolehkan PC di nyalakan selama 24 jam...? jawabanya boleh.

Malahan menyalakan PC sepanjang hari akan mengurangi efek stres terhadap suhu pada beberapa komponen PC. COntohnya chip set. Ketika cipset bekerja chipset jadi panas. Panas itu membuat kompnen chipset memuai dan menyusut itu berefek pada sambungan solder yang memegang chipsen dan komponen chipset itu sendiri. Sebuah suvei menyebutkan bahwa PC yang menyala 24 jam lebih awet ketimbang PC yang menyala 2 jam sehari dan mati selama 22 jam.

kalau belum parah PC masih bisa bekerja. Tapi, kalau kerusakan sudah terlewat parah, PC bisa berhenti bekerja. Tapi jangan khawatir biasanya biasanya komponen PC sudah di buat sedemikian rupaagar efek stres terhadap suhu pada dirinya bisa di kurangi.

DI sisi lain ada juga komponen yang bisa rusak kalau PC nyla 24 jam setiap hari misalnya monitor.

Selain itu juga menyalakan PC tanpa ada kepentingan lain itu juga bisaboros listrik. Belum lagi kemungkinan PC mengalami putus litrik akibat mati listrik juga begitu brsar pengaruhnya, PC juga akan mengalami arus listrik yang tidak stabil.

Sebaiknya PC yang menyala 24 jam sehari di lengkapi dengan UPS yang ber stabilizer.
Sebab putusnya hubungan listrik secara mendadak bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen PC salah satu nya harddisk.

0 komentar

Posting Komentar