Pages

12.10.09

Antisipasi Pencurian Di Warnet




Keadaan ekonomi di bangsa ini semakin terpuruk memaksa sebagian orang mengambil jalan pintas untuk mendapatkan uang yang tidak terlalu besar. Berbagai macam carapun di lakukan tanpa melihat bahwa yang di lakukanya itu haram, saya yang sebagian besar manghabiskan waktu di warnet banyak sekali menemukan kecurangan yang di lakukan oleh sebagian pelanggan salah satunya adalah pencurian sandal.
pencurian sandal...??? ... berapa si keuntungan dari mencuri sandal.....??



Memang kelihatan sepele pencurian yang di lakukan tetapi sangat berpengaruh besar dari pelanggan-pelanggan yang sandalnya di embat oleh si maling, itu cuma salah satu contoh kecil yang benar-benar terjadi di warnet saya. Ada yang lebih penting lagi yang harus benar-benar di perhatikan yaitu pencurian hardware.
Hardware juga salah satu incaran pencuri yang di anggapnya mudah untuk di curi,
Keadaan ekonomi bangsa ini yang semakin terpuruk memaksa sebagian orang untuk mengambil jalan pintas dalam memperoleh sejumlah uang yang tidak terlalu besar.

Bebagai jalan pun di tempuh untuk mendapatkan apa yang diinginkan, baik itu halal maupun haram. Sebagai seorang yang berkecimpung di dunia warnet saya memberi sedikit informasi tentang beberapa kelompok yang spesialis untuk mencuri hardware komputer. Bahkan beberapa waktu lalu di daerah Semarang pencurian itu sudah mencapai ke Layar LCD. Mungkin karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan simple membuat orang mempunyai ide untuk mencuri hardware yang tidak akan berpengaruh pada kinerja komputer ketika terjadi pencurian.


Hal itu disebapkan ketika kita melepas kabel monitor posisi komputer masih dalam keadaan "ON" dan tidak akan terjadi sesuatu yang mencurigakan.
Dengan hanya bermodal tas ransel yang agak tanggung kita dapat memuat sebuah LCD monitor 17" wide screen. Bagaimana cara kerja mereka? saya masih belum jelas sistem kerja komplotan ini, individu/berkelompok. Menurut pengakuan beberapa korban, pencurian di lakukan oleh satu orang yang ahli dan dengan tanpa dosa mengalihkan perhatian kita sehingga tidak sadar bahwa orang tersebut telah mencuri.] Secara logika dapat di perhatikan bahwa komplotan ini telah meneliti target terlebih dahulu, dimana letak kelengahan para Operator yang bertugas dan jam jam sibuk. Hal itu dilakukan agar aksi mereka dapat berjalan mulus dan leluasa.


Disini saya menyarankan kepada Operator warnet agar selalu memeriksa kondisi komputer setelah di pake oleh user, berat memang tapi sebanding jika kita kehilangan beberapa hardware komputer dan di tuntut untuk menggantinya.


Disini ada beberapa tips yang mungkin bisa dilakukan oleh Tekhnisi/Penjaga warnet.
  • Jangan terlalu konsentrasi browsing, chatting atau kegiatan lain di depan komputer.
  • Beberapa menit sekali berkeliling memeriksa keadaan sekitar, sekalian olahraga.
  • Mematikan akses masuk kedalam case PC, bisa dengan Lem maupun Baut L.
  • Posisikan PC auto restart ketika user log off, sehingga dapat terdeteksi jika ada kekurangan Hardware.
  • Pasang kunci pengaman yang biasa digunakan untuk Laptop/notebook pada Monitor LCD.
  • Perhatikan tingkah laku user yang mencurigakan dan awasi tanpa menyinggung perasaan user yang bersangkutan.
  • Selalu waspada dan jangan lengah.

Tidak ada manusia yang sempurna sehingga kesalahan/keteledoran kecil bisa menyebapkan kerugian dalam bentuk materiil. Pencurian tidak hanya pada hardware yang berbentuk kecil, namun hardware yang flexible pun bisa menjadi sasaran. Beberapa hardware yang menjadi target pencuri:
  • RAM, Selain bentuknya mungil RAM sangat mudah di ambil bila pencuri berhasil menembus Case PC.
  • Harddisk, Walaupun susah untuk mengambil namun kenekatan seseorang bisa membahayakan.
  • VGA Card, Hardware pendukung ini biasa menjadi sasaran karena harganya yang masih cukup tinggi.
  • LCD Monitor, Kenekatan memang menjadi modal utama pencuri untuk mendapatkan untung berlebih.
  • Card reader, BlueTooth, Flashdisk, dll.

Semua ini bisa terjadi kepada anda sebagai Operator warnet/orang yang bekerja di warnet maka janganlah teledor dan selalu waspada akan datangnya pencuri.


0 komentar

Posting Komentar