Tips mengelola warnet



Dalam mengelola warnet ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dari hal terkecil yang tanpa kita sadari itu merupakan kendala besar untuk perkembangan warnet yang kita kelola.

1. Pemilihan ISP

Dalam memilih ISP jangan hanya tergiur dengan harga yang murah, tetapi perhatikan kecepatan akses dan pelayanan untuk mendukung penyelenggaraan warnet. kecepatan akses sangat mempengaruhi

2. Pemberian Diskon
  • Multiple discount member yang artinya kita membuat member secara berbeda dengan pertimbangan tingkat sosial dan ekonomi.
    Contoh : mahasiswa/pelajar, eksekutif member, dll
  • Discount Hour
    Contoh : menggunakan internet pada jam 21.00 ke atas Disc 10%
  • Pemberian Discount khusus bagi pengguna kelompok
    Contoh : datang menggunakan Internet untuk 3 orang Disc 10
    %
3. Menarik pelanggan
  • Untuk Chatting Mania dibuatkan khusus chat room
  • Promosi dari teman ke teman,
  • Mengadakan in house training Internet pada Warnet
    Contoh : open house training untuk pelajar
  • Pembentukan komunitas warnet dengan melakukan event-event khusus
  • Pendekatan kepada konsumen, pelayanan yang ramah dan sopan
  • Hal lain yang perlu kita pertimbangkan adalah sistem manajemen untuk pengelolaan warnet. Hal tersebut dapat kita atasi dengan menggunakan software bantuan yaitu software control operasional dan manajemen warnet.

Pada kenyataannya yang terjadi saat ini dalam pengelolaannya warnet-warnet yang ada masih menggunakan cara manual dalam pencatatan transaksi yang justru mendorong timbulnya masalah. Masalah yang biasanya terjadi :

  • Susah dalam memonitor pendapatan yang masuk karena cenderung terjadi kecurangan dalam pencatatan oleh petugas di bagian counter warnet
  • Selalu aktif mengontrol pengunjung yang masuk
  • Kemungkinan terjadi kesalahan dalam pencatatan jam pakai yang disebabkan kelengahan
  • Untuk warnet yang berskala besar misalnya dengan station lebih dari 15, akan mengalami kesulitan dalam mengontrol pengunjung, cenderung terjadinya tingkat kesalahan dalam pencatatan sangat besar sehingga akhirnya berpengaruh pada pendapatan yang dihasilkan

Kelemahan-kelemahan dari sistem manual inilah yang pada akhirnya akan merugikan kita sebagai pemilik warnet sehingga pendapatan yang didapatkan tidak maksimal.

Untuk mengatasi masalah tersebut kita dapat menggunakan software bantuan untuk pengelolaan warnet kita. Dengan fitur-fitur dan kemudahan yang ditawarkan oleh software bantu ini kita akan terlepas dari masalah yang biasanya timbul.

Untuk lebih memahami apa saja keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan software bantu yang menawarkan otomatisasi, kita akan mengambil contoh salah satu software bantu yang dikembangkan oleh Ventum Software dengan nama Net Billing Evo® yang memberikan fitur-fitur dan fasilitas-fasilitas yang sangat membantu kita dalam menjalankan operasional warnet kita.

Dengan Net Billing Evo® otomatisasi Warnet dapat direalisasikan dengan memberikan fitur-fitur manajemen yang mudah dan praktis.

Net Billing Evo® memberikan kemudahan dan effisiensi serta security yang baik dalam pengelolaan Warnet sehingga sebagai pemilik Warnet tidak perlu khawatir dengan permasalahan yang timbul karena diakibatkan pada pengelolaan sistem manual. Net Billing Evo® mengotomatisasikan seluruh proses transaksi yang terjadi pada warnet Anda mulai dari penanganan transaksi, pencatatan transaksi sampai pada laporan akhir dari pendapatan per periode sehingga dengan mudah kita dapat mengontrol jalannya warnet. Security yang baik pun ditawarkan Net Billing Evo® sehingga user yang 'nakal' tidak dapat menjalankan aksinya.

Net Billing Evo® terdiri dari dua bagian yaitu satu aplikasi yang diinstall pada server dan yang satu lagi diinstall pada client-client, cara kerja aplikasi ini tidak membebani traffic jaringan karena sistem yang ditawarkan oleh aplikasi ini prinsip kerjanya tidak selalu online antara server dan client. Cara kerja sistem ini adalah ketika station dipakai oleh user untuk dapat terkoneksi ke internet user harus melalui aplikasi NetBilling yang ada pada client. Sebelum user click connect user tidak dapat melakukan kegiatan apapun pada station tersebut, lalu bila tombol connect di-click maka aplikasi pada client akan mengirimkan pesan ke server lalu server akan mencatat dan mulai penghitungan tarif berdasarkan konfigurasi yang bisa kita definisikan sendiri, setelah itu hubungan server dan client tidak terjadi, hubungan server dan client terjadi kembali setelah user click disconnect yang akan mengakibatkan pencetakan billing pada server, cara kerja sistem inilah yang dimaksudkan tidak mengganggu kinerja jaringan.

Sehingga kinerja jaringan tidak terbebani oleh sesuatu yang ditujukan untuk membantu kerja warnet.

Fasilitas dan fitur-fitur yang ditawarkan :

  • Windows 32 Bit Based
  • User Friendly
    Kemudahan operasional dengan interface yang nyaman, cara kerja yang simple untuk pengoperasionalan tidak menuntut pengetahuan khusus dan mudah untuk dipelajari.
  • Easy Maintenanc
  • Easy Configuration
    Konfigurasi yang fleksibel mulai dari pengaturan tarif, discount, kemudahan Instalasi baik software yang dipasang di server maupun di client.
  • Tidak mengganggu traffic jaringan
  • Open browser secara otomatis saat log on
  • Anti end-task / Anti Ctrl + Alt + Del
    Untuk mengantisipasi user 'nakal' yang akan mematikan program billing
  • Remote Control (Reboot, Disconnect, dan Shutdown)
    Control dari server dengan fasilitas mematikan station, disconnect station, dan shutdown station
  • Program Member dan Non Member
    Pendefinisian member yang flexibel, kita dapat membuat member dengan jenis dan tarif yang berbeda dan pemberian discount yang berbeda pula.
  • Pengaturan Biaya (First cost, Increment cost, Minute setting, Discount)
    Pendefinisian tarif yang flexibel dengan hitungan harga awal untuk berapa menit pertama dan increment cost untuk berapa menit kemudian
  • Reminder
    Fitur yang satu ini pada sisi client berfungsi untuk mengingatkan user dengan memunculkan pesan secara otomatis setelah beberapa saat (jam:menit:detik) yang dapat didefinisikan oleh user sendiri dengan tujuan user akan main berapa jam sehingga tidak lupa waktu
  • Pencatatan aktivitas operator dengan Log File
    Pencatatan operator ini dapat digunakan untuk absensi operator
  • Message Control
    Sending message ke seluruh client dari server
  • Level security
    Tingkatan user sebagai operator atau administrator yang mempunyai hak dengan tingkatan yang berbeda dalam pengoperasian
4. Fasilitas untuk pelanggan

- Lengkapi komputer Anda dengan program yang dibutuhkan oleh para pengunjung warnet Anda

- Lengkapi fasilitas di warnet Anda untuk kenyamanan pengunjung (misalnya AC, tempat duduk yang nyaman, dll)

- Sediakan fasilitas pendukung lainnya (seperti minuman ringan, tempat solat, toilet, dll)

- Berikan pelayanan yang baik. Latihlah pegawai warnet Anda untuk hal ini.

- Gunakan kartu keanggotaan (membership) untuk mengikat palanggan warnet.

- Jangan biarkan pelanggan Anda antri terlalu lama. Jika warnet Anda ramai, bahkan sampai antri, pertimbangkan untuk menambah jumlah perangkat komputer warnet.



'' Semoga warnet anda selalu di iringi dengan ke suksesan''

2 comments

munkar_nakir89 23 Maret 2010 03.12

MasuKanYang Baik Gan?? Tapi Billingnya Aku sudah Terlanjur Menggunakan Billing Explore,..Untuk Security Net Billing Evo® danCara Menggunakan aplikasinya GmanaBos?/? Klo Nyari yang Cuman Buwat Memanage Keuangan Harian Wat Dbkin Laporan Ada Gak Ya Gan?

Soviani abigail 7 Januari 2013 22.53

mengelola keuangan warnet yg baik gmn yah?

Poskan Komentar

 

Copyright © 2011 Forum Warnet Bekasi | Powered by Blogger | Template by 54BLOGGER