Pages

15.10.09

kendala rutin yang terjadi di warnet

Kendala rutin yang terjadi di warnet

Banyak sekali kendala-kendala yang terjadi di warnet dan biasanya operator mulai sibuk atau panik untuk melihat di mana kerusakan-karusakan yang terjadi di warnet dan bagaimana cara menanggulanginya.

Masalah Koneksi Internet :

  1. Jika koneksi terputus (tidak bisa chating/Browsing)

- cek kondisi modem, jika lampu adsl berkedip berarti ada gangguan dari speedy dan coba Anda cek nada telpon pada pesawat telpon Anda, jika bunyi pada pesawat telepon anda tidak ada maka segera hubungi 147 untuk konfirmasi masalah koneksi internet dan telepon.

- Cek kodisi modem, jika lampu hidup tanpa berkedip maka klik kanan pada ikon computer di pojok kanan bawah layar monitor. Klik status bandwitch yang ada pada computer server. Jika banwitch computer tidak sampai atau kurang dari 100 maka lakukan hal-hal dibawah ini :

1. matikan computer server beberapa menit (sekitar 5 menit) cabut semua kabel yang ada di modem beserta adapter modem dan switch. Pastikan computer server, modem dan switch mati. Setelah 5 menit pasang kembali kabel yang ada dimodem. Colokan lagi adapter modem dan switch. Kemudian baru hidupkan computer server.

2. setelah computer server hidup klik kanan lagi pada ikon computer dan lihat status koneksi computer apakah sudah stabil atau belum dengan melihat kenaikan koneksi yang cukup cepat.

3. jika tidak coba browsing kembali alamat web yang ingin Anda buka. Tetapi setalah poin 1 dan 2 anda lakukan dengan baik dan benar.

- Jika lampu power pada modem mati berarti adapter modem mengalami masalah atau colokan adapter modem tidak pas.

- Jika lampu lan pada modem mati berarti kabel jaringan pada modem tidak terpasang dengan baik atau kurang kencang.

Masalah billing :

  1. Jika billing di klien tidak terdapat tombol personal dan pada billing klien tertulis 192.168.0.50 please wait, maka cek lampu pada switch. Jika lampu pada switch tidak menyala maka adapater switch tidak terpasang dengan benar dan jika lampu switch hidup tetapi klien belum bias masuk kepersonal maka cabut adapter switch dan pasang kembali adapter switch.
  2. Jika klien masih belum bisa masuk personal maka cek billing server sudah aktif atau belum. Jika belum aktif maka segera aktifkan billing server.
  3. Jika billing di klien baru buka personal, lalu angka yang ada di billing klien itu langsung dalam angka besar maka operator harus segera mengecek biling di server apakah ada klien yang lain sama seperti itu, yang harus di lakukan adalah dengan merestar server lalu klien akan kembali normal.

0 komentar

Posting Komentar