Pages

24.11.09

perawatan PC komputer warnet

Cara Merawat Komputer pada warnet.

Mungkin di saat sekarang ini, komputer sudah menjadi barang yang tidak asing lagi di berbagai kalangan. Apalagi di kalangan pelajar, mahasiswa, pegawai kantor dll. Memang bagi semua orang tidak wajib untuk lebih mengenal komputer, namun kita mengenal komputer tentu saja akan membuat apa yang kita kerjakan semakin mudah. Di samping itu juga, sekumpulan komputer yang terhubung dalam jaringan atau network dapat digunakan untuk berbagi sumber daya and informasi.
Nah ini dia,, ada baiknya jika kita mengetahui bagaimana cara untuk merawat komputer sebelum komputer itu rusak. Namun ada yang berpendapat, kalau kita sudah dengan susah sekuat tenaga untuk merawat komputer kita namun kalo memang sudah waktu nya rusak ya harus gimana lagi. Aku ingin berbagi sedikit pengalaman mengenai masalah ini, mungkin bermanfaat bagi semua orang.
Tips merawat komputer
1. Jika komputer sering di gunakan setiap hari khususnya untuk warnet, kamu Defrag harddisk secara rutin minimal 1-2 X dalam 1 minggu. Dengan tujuan untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa agar proses kerja hardrdisk akan lebih ringan, agar harddisk lebih awet, dengan catatan saat menjalankan Defrag tidak boleh ada program lain yg berjalan termasuk screensaver karena akan mengganggu fungsi defrag ini.
2. Aktifkan screensaver sesuai dengan selera kamu, screensaver mempunyai fungsi lain yg penting. Monitor CRT juga televisi menggunakan fosfor untuk menampilkan gambar. Kalau monitor menampilkan gambar yg sama untuk beberapa saat maka ada fosfor yang menyala terus menerus. Hal ini dapat mengakibatkan monitor bermasalah yaitu gambar menjadi redup/kurang jelas. Lain halnya jika monitor Anda adalah LCD, LED yg sudah dilengkapi dengan energy saving, maka screensaver tidak terlalu dibutuhkan lagi.
3. Kamu tempatkan monitor maupun CPU sedemikian rupa sehingga ventilasi udara dari dan ke monitor / CPU cukup lancer, dengan tujuan agar jangan sampai menyebabkan panas yang berlebihan, supaya komponen / rangkaian elektronik di dalamnya bias bertahan lebih lama. Kalau perlu pasang kipas angin di dalam ruangan tersebut.
4. Pakailah UPS atau stavolt.Pakailah UPS untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yg dapat mengakibatkan kerusakan pada harddisk dan komponen / rangkaian elektronik lainnya. Jika tidak ada UPS, kamu gunakan Stavolt untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.
5. Setiap program yang dijalankan membutuhkan memory (RAM), maka tutup / close program yg tidak berguna sehingga komputer berjalan tidak lambat.
6. Install program antivirus dan update kan terus setiap komputer dijalankan.
7. Kotak sampah atau Recycle Bin di bersihkan secara rutin. Karena Recycle Bin yg sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yg dapat menyebabkan pembacaan harddisk menjadi lambat.
8. Jangan meletakkan Speacker Active terlalu dekat atau di ssebelah monitor. Karena medan magnet yang ada pada speacker tersebut akan mempengaruhi monitor terutama warna monitor menjadi tidak rata.
9. Buang program yg tidak berguna dengan tujuan agar ruang harddisk bisa lebih banyak supaya beban kerjanya akan lebih ringan dan harddisk pun dapat bertahan lebih lama.
10. Nah yang ini memang agak sedikit rumit, jika kamu belum mengerti kamu bisa tanyakan kepada orang yang lebih mengerti. Kamu bersihkan motherboard & perangkat keras lainnya dari debu secara bertahap. Ya minimal 2 kali dalam setahun. Jangan lupa kabel power di matikan dulu sebelum di bersihkan.

0 komentar

Posting Komentar